PI bab I

,
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring dengan berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi, telepon
selular atau handphone kini tidak lagi digunakan orang hanya sekedar untuk
menelepon saja. Hal ini menyebabkan para produsen handphone (HP) berlombalomba
menambahkan fitur-fitur tambahan yang menarik (seperti kamera digital, layar
berwarna, ringtone poliphonic, realtone, dll) pada produk-produk HP yang mereka
keluarkan. Hal ini juga lah yang menyebabkan lahirnya HP dengan sistem operasi
Symbian yang disebut dengan smartphone.
Pada smartphone, pengguna bisa menambahkan aplikasi baru seperi hal nya
para pengguna komputer dengan sistem operasi Windows. Hal ini menyebabkan
banyak munculnya produsen software untuk sistem operasi Symbian baik yang
komersil atau yang tidak. Ada banyak jenis program yang ditawarkan oleh produsen
software, mulai dari game sampai file manager.
Dari banyak jenis program aplikasi smartphone yang ada sekarang ini, yang
paling diminati oleh para pengguna adalah entertaining software atau software yang
sifatnya menghibur, seperti game atau audio player.
2
Pada penulisan ini, penulis mencoba membahas pembuatan salah satu
entertaining software di atas, yaitu audio player. Audio player yang dimaksud disini
adalah MP3 player, yaitu software yang bisa memainkan file audio dengan format
MP3.
1.2 Rumusan Masalah
Pada smartphone, pengguna bisa menambahkan aplikasi baru seperi hal nya
para pengguna komputer dengan sistem operasi Windows.
Dalam tugas akhir ini dirancang sebuah program aplikasi MP3 player pada
smartphone menggunakan bahasa C++ dengan Symbian SDK 2.1, Java Runtime
Environment versi 1.3.1, Active Perl build 518, dan Visual C++ 6 yang terinstal pada
komputer dengan sistem operasi Windows XP Profesional.
Pertanyaan yang kemudian timbul adalah bagaimana cara smartphone
dengan sistem operasi Symbian seri 60 mengenali format MP3 dan memainkan lagu
dari file MP3 tersebut. Karena Symbian seri 60 tidak mengenali format audio ini.
Selain itu diperlukan juga pemahaman bagaimana pemrograman C++ pada
lingkungan sistem operasi Symbian.
1.3 Batasan Masalah
Dalam penulisan ini, penulis membatasi pembahasan pada bagaimana cara
membuat sebuah program aplikasi yang berfungsi sebagai player file audio MP3 pada
3
smartphone dengan sistem operasi Symbian seri 60 platform 2.x yang dilengkapi
dengan Feature Pack.
Pada penulisan ini penulis tidak akan menjelaskan tentang smartphone,
sistem operasi Symbian, Feature Pack, codec, dan format MP3 secara mendetil.
1.4 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah membuat sebuah program untuk
memainkan lagu dari file audio dengan format MP3, dan pembaca juga dapat
mengetahui cara membuat program pada smartphone yang berbasis Symbian seri 60.
Penulis juga berharap bisa memberikan kepuasan kepada para pengguna
program aplikasi ini.
1.5 Metode Penulisan
Untuk mendapatkan bahan serta data yang dibutuhkan dalam penulisan ini,
maka penulis menggunakan metode studi pustaka, yakni mengumpulkan data dan
informasi dari buku, internet, dan jurnal ilmiah tentang pemrograman pada Symbian
seri 60 dengan menggunakan Symbian SDK dan VC++ 6.
Penulis juga banyak melakukan percobaan dan penelitian untuk membuat
program yang bisa memainkan file audio dengan format MP3 pada Symbian seri 60,
dengan cara mengumpulkan dan mempelajari berbagai referensi dan contoh program
yang menunjang dalam pembuatan program.
4
Dalam penulisan ini, penulis menggunakan diagram alur (flowchart) untuk
memudahkan merancang dan membantu mengefisienkan listing program pada
pembuatan program MP3 player tersebut.
Adapun untuk membangun program MP3 player tersebut, penulis
menggunakan bahasa pemrograman C++ dengan Symbian SDK 2.1, Java Runtime
Environment versi 1.3.1, Active Perl build 518, dan Visual C++ 6 yang di install
pada Personal Computer (PC) dengan processor 1,4 GHz, 512 MB memori SDRAMDDR,
dan hard disk 40 GB dengan sistem operasi Windows XP Profesional.
1.6 Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah pembaca dalam menelusuri pembahasan yang
disajikan, tulisan ini disusun dengan sistematika sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini mengemukakan latar belakang, rumusan masalah, batasan
masalah, tujuan penulisan, metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini teori-teori yang akan digunakan dalam pembahasan masalah,
yaitu mengenai smartphone serta Symbian sebagai sistem operasi pada
smartphone dan macam-macamnya, penggunaan diagram alur
(flowchart) dalam perancangan suatu aplikasi, dan penggunaan bahasa
pemrograman C++ di Symbian menggunakan Symbian SDK 2.1, Java
5
Runtime Environment versi 1.3.1, Active Perl build 518, dan Visual
C++ 6.
BAB III ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini akan menerangkan tentang tahapan cara pembuatan
aplikasi, yaitu flowchart dari aplikasi, tahap pembuatan desain untuk
user interface dan pilihan option menu pada aplikasi, dan pengujian
aplikasi pada emulator, serta langkah untuk membuat file instalasinya.
BAB IV PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dan saran

0 comments:

Post a Comment