Virus Link Video di Facebook (Malware)

,
Menurut pengamatan Vaksin.com virus ini mulai disebarkan pada hari Sabtu pagi 15 Mei 2010 dan dalam waktu 48 jam telah memakan korban belasan ribu pengguna Facebook. Menurut Alfons, aplikasi ini cukup berbahaya karena mengeksploitasi sistem pengamanan Applications Facebook. Korban cukup mengklik link ke video tersebut tanpa perlu memberikan persetujuan apapun. Virus ini juga dapat menempel pada browser yang mengakibatkan orang lain yang membuka facebook di komputer yang telah terinfeksi akan terserang malware. Link video akan tersebar menurut profil temen yang sering kita lihat.

Cara menghindari:
1. Jangan melihat atau menklik video yang sumbernya tidak jelas.
2. Hati-hati jika membuka facebook dikomputer yang tidak "aman".
3. Rubahlah password secara berkala.

Jika anda sudah terserang malware ini lakukanlah tahap-tahap berikut ini:
1. Jangan Panik.
2. Hapus aplikasi facebook yang mencurigakan biasanya bernama Winamp on Facebook, Video HD atau Youtube Premium. (virus ini memakai nama aplikasi yang umum untuk mengecoh korbannya)
3. Ubah passwaord dan email untuk menghentikan virus ini mengirim link wall kepada orang lain.
4. Hapus link atau tautan video tersebut pada profil anda dan profil teman anda.
5. Hapus add-Ons youtube Winamp on facebook, video HD atau premium di browser anda.
6. Bila anda kurang yakin virus ini sudah benar-benar hilang maka uninstal browser anda (crome,mozzila,opera mini,ie) untuk membersihkan virus yang menempel pada browser anda. Anda bisa instal browser anda kembali setelah itu, ini untuk menghindari facebook lain terinfeksi bila membuka facebook di komputer anda.
7. Perkuat pengamanan dengan malwarebyte anti malware.

sumber
www.vaksin.com

0 comments:

Post a Comment